Uki berbagi informasi terkait paket wisata jatim,tempat wisata,cara seo blog,pertanian peternakan

Cara Menanam Cabe Merah Besar

Cara Menanam Cabe Merah Besar - Sehubungan dengan profesi saya maka pada siang ini saya akan menulis tentang tata cara menanam cabe merah besar. Di kampung saya menanam cabe adalah suatu hal yang bisa dikatakan memakan biaya yang lumayan mahal. Saya sendiri juga belum sempat hitung - hitungan pastinya soalnya waktu nanam dulu tanpa perhitungan sama sekali. Baru akhir - akhir ini saya mulai membuat hitungan terperinci secara lengkapnya, nanti jika sudah panen saya akan buatkan kisaran biaya yang sebenarnya. Pujon merupakan daerah dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan, sejauh mata memandang berdiri tegap gunung - gunung disana. Perekonomian didaerah ini yang cuckup besar adalah dari sektor pertanian dan peternakan. Dari sektor pertaniam pujon menghasilkan beberapa macam komoditi sayuran diantaranya : Cabe besar, cabe rawit, tomat, kubis, sawi putih, tomat, kentang, jagung manis, andewi, dan banyak lagi jenis sayuran lainnya. Nah dikesempatan ini saya akan menulis teknik menanam cabe merah besar. Berikut ini langkah - langkah dalam menanam cabe merah :

 Cara Menanam Cabe Merah Besar


Penyediaan Bibit
Tahap awal yang harus dilakukan adalah penyemaian bibit, hal ini sangat penting dilakukan supaya bibit yang akan kita tanam ukurannya sesuai dan kondisinya baik. Untuk menghasilkan bibit cabe yang baik saat penyemaian, yang harus dilakukan adalah menyiapkan racikan tempat penyemaian yang tepat. Silahkan sediakan beberapa hal berikut ini :
  1. Tanah secukupnya
  2. Pupuk kandang ( Kotoran sapi atau ayam )
  3. Kotak penyemaian ukuran 60 cm x 40 cm tinggi 10 cm
Aduk antara tanah dan pupuk kandang secara merata dengan perbandingan 70 : 30, setelah tercampur rata masukan kedalam kotak yang telah disediakan dengan ketinggian rata dengan kotak. Setelah itu buat lubang sedalam 0,5 cm dengan jarak rata 2 cm. Taruh bibit diatasnya satu per satu lalu tutup pakai ayakan tanah halus dan kering dengan ketebalan 0,2 cm. Lakukan penyiraman pagi dan sore hari dan dan diwajibkan untuk selalu kena sinar matahari langsung.

Pengolahan Tanah
Pada tahap kedua sambil menunggu bibit yang kita semai tumbuh dewasa, yang harus segera kita siapkan yaitu media tanam. Dalam hal ini adalah pengolahan tanah, pengolahan tanah yang baik dan benar menurut saya bisa anda ikuti langkahnya dibawah ini :
  1. Cangkul tanah sedalam sekitar 50 -70 cm secara rata.
  2. Buang gulma ke pinggir2 lahan yang tidak digunakan, kenapa tidak dipendam saja ? kan bisa jadi kompos ? Memang benar gulma yang dipendam nantinya dapat jadi kompos, namun menurut petunujuk dari teman yang bekerja dibidang marketing obat pertanian hal tersebut kurang bagus. Hal ini didasari ketika masa fermentasi sedangkan akar tanaman terkena dampak dari fermentasi gulma bisa menyebabkan layu.
  3. Buat bedengan dengan lebar 100 cm - 120 cm
  4. Pemberian pupuk dasar yaitu pupuk kandang ( sapi atau ayam ) dicampur delusit dan pupuk TS
  5. Taruh pupuk dasar diatas bedengan dan di tutup pakai tanah lagi sekitar 5 - 10 cm. 
  6. Jika pakai mulsa selesai penutupan pupuk dapat langsung di pasang
Penanaman Cabe
Ditahap ini yang perlu diperhatikan adalah masa penanaman yang tepat. Agar tanaman cabe yang baru dipindah tidak layu, maka waktu tanam yang tepat adalah sore hari.

Pemupukan Awal
Pemupukan dapat dilakukan pada saat cabe usia 10 - 20 hari setelah masa tanam. Untuk pemupukan pada masa pertumbuhan, pemberian yang tepat adalah pupuk cair atau yang dikenal masyarakat sini pupuk kocor. Namun dalam memberikan pupuk kocor harus memperhatikan cuaca yang tepat, dalam hal ini kondisi cerah. Jika pemupukan kocor bersamaan hujan efek sampingnya akar tumbuhan akan jadi kedinginan dan bisa menimbulkan penyakit.

Penyemprotan Pestisida
Penyemprotan dilakukan saat tumbuhan mulai hidup normal setelah masa tanam. Biasanya di umur 7 - 10 hari setelah masa tanam. Jangan terlalu banyak memberikan insektisida pada saat tumbuhan masih kecil, jika terlalu banyak efek sampingnya tumbuhan akan lama besarnya. Pemberian yang tepat di usia pertumbuhan adalah fungisida dan vitamin.

Sekiranya cukup sekian dulu untuk bahasan saya terkait Cara Menanam Cabe Merah Besar, kedepan saya akan tambahkan informasi lebih lengkap tentang jenis2 pestisida yang cocok buat dipakai untuk tanaman cabe anda. Terus maju dan sukses para petani indonesia. Baca juga  Cara mengatasi anak susah makan dengan laperma platinum atau info paket wisata bromo malang 2017.
Tag : Cara Umum
0 Komentar untuk "Cara Menanam Cabe Merah Besar"

Back To Top